MELATIH DRUMBAND TK/SD

Pengrajin drumband jogja menjual alat drumband dan marchingband lengkap namanya PD drumband terkenal dengan kualitasnya yang maksimal.

Banyak sekali sekolah-sekolah di Indonesia sekarang yang memiliki seperangkat alat drumband atau marchingband tetapi belum tentu yang memiliki alat sudah mempunyai pelatih professional. Karena minimnya seorang pelatih marchingband khususnya TK/SD di Negara kita. Sebagian besar orang yang menjadi pemain lalu menjadi alumni enggan untuk melanjutkan lagi berkecimpung di dunia marchingband untuk meneruskan ilmu yang sudah mereka dapat.  Apalagi untuk melatih anak-anak TK dan SD. Maka pelatih drumband dapat dikatakan langka.

Bagi anda yang berniat untuk menjadi pelatih drumband atau marchingband terutama untuk TK dan SD akan kami berikan penjabarannya:

  1. Mengetahui dasar-dasar musik yang cukup serta beberapa materi yang sudah dikuasai
  2. Mempunyai jiwa sabar dalam melatih
  3. Tekun
  4. Memiliki sifat tidak mudah putus asa
  5. Memiliki ide-ide kreatif yang harus dituangkan dalam tim

Kelima syarat tersebut wajib dimiliki sebelum benar-benar ingin memutuskan menjadi seorang pelatih drumband atau marchingband. Setelah itu apa saja yang diajarkan?

  1. Latihlah pemain agar disiplin. Namun hal ini juga harus disesuaikan dengan kemapuan anak TK dan SD
  2. Persiapkan dengan baik materi yang akan kita ajarkan
  3. Bentuklah tim dengan kekompakkan antar sesama anggota
  4. Jalin komunikasi dengan baik antara pelatih dan pemain
  5. Intermesso

Untuk materi yang akan diajarkan kepada anak TK dan SD sebaiknya menggunakan metode yang mudah diingat seperti menggunakan hitungan satu sampai Sembilan atau huruf abjad.

Dan materi yang pertama akan diajarkan adalah:

  1. Pemanasan
  2. Ajarkan pemanasan kepada anak dengan pukulan 8 kiri 8 kanan sebanyak 2x menggunakan hitungan “tu, wa, ga, pat, ma, nam, ju, pan”
  3. Selanjutnya pukulan diddle 5 kiri 5 kanan sebanyak 2x
  4. Pukulan Trididle yaitu memukul 3x pukulan tambah “satu”
  1. Materi inti
  2. Untuk anak TK dan SD standar pukulannya adalah 5 pukulan kanan dan kiri. Secara bergantian. Dengan tempo yang agak cepat dan tangan bergantian kanan kiri.
  3. Pukulan prak prak adalah tangan kanan dan kiri secara besamaan. Biasanya untuk lagu kejutan atau break.
  4. Pukulan 5 double adalah tangan kanan dan kiri memukul bergantian tetapi hitungannya double. Cara pengucapannya adalah “tu, du-a, ti-ga, em-pat, li-ma)

Kurang lebih seperti itu pengajaran drumband untuk anak TK dan SD nya. Hanya dikembangkan lagi dengan lagu-lagu sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *